SYAHARUDDIN, S.Pd

SYAHARUDDIN, S.Pd

Sabtu, 19 Oktober 2013

Tips Amankan Data Dapodikdas 20Tips Amankan Data Dapodikdas 2013 dan Edit Aplikasi Dapodikdas 2013 Di Komputer Berbeda

Tips Amankan Data Dapodikdas 2013 jika sewaktu-waktu Laptop diinstall ulang sebelum Sinkronisasi dan
Edit Aplikasi Dapodikdas 2013 Di Komputer Berbeda

Tema blog kali ini muncul setelah banyaknya yang bertanya Bagaimana cara mengamankan data yang sudah dimput/diperbaiki pada Aplikasi Dapodikdas 2013, jika sewaktu-waktu Laptop diinstall ulang sebelum Data di Sinkronisasi? Bisakah pekerjaan aplikasi dapodikdas 2013 di kantor di lanjutkan di komputer rumah? Atau laptop lain?
Dan hampir semua sahabat facebook menjawab “TIDAK ADA CARA, “TIDAK BISA, Harus di satu komputer. Ada cara dan Bisa di komputer lain tapi setelah sinkronisasi online ke operator dapodikdas pusat”…..

Kalau pertanyaannya Ada cara? bisakah? Penulis jawab Ada dan bisa, caranya :
1.      Registrasi sempurna pada Satu Komputer/Laptop
2.      Login ke Aplikasi Dapodikdas 2013
3.      Sudah Perbaiki data yang Invalid  dan sudah Imput Data Baru, Simpan perubahan. Lalu Logout (keluar dari aplikasi dapodik). Tutup browser google chrome atau Mozilla firefox.
4.      Copy folder DAPODIKDAS yang ada di folder C:\Program Files atau Folder Database dan Folder dataweb yang ada di folder C:\Program Files > Dapodikdas
5.      Buka Flashdisk atau hardis partisi lainnya contoh : D:\
6.      Klik Paste di flasdisk atau folder pada partisi lainnya. Kini copy-an folder  DAPODIKDAS atau Folder Database dan Folder dataweb sudah ada di flashdisk anda, > sekarang data sudah aman jika sewaktu-waktu laptop diinstall ulang sebelum Sinkronisasi.
Pertanyaannya Sekarang, Bagaimana cara memindahkan hasil Copy an tadi Kelaptop yang baru diInstall ulang atau Laptop/Komputer lain tempat akan mengerjakan data Dapodikdas 2013. Caranya adalah baca lanjutan pembahasan berikut:
7.      Aktifkan komputer/ laptop lain.
8.      Instal Aplikasi dapodikdas 2013 di laptop yg baru diisntall atau di komputer/ laptop lain, setelah sukses penginstalan. Registrasi PERSIS seperti Registrasi semula.
9.      Setelah registrasi sukses, login PERSIS seperti Login semula. Lalu Logout. Tutup aplikasi browser google chrome atau Mozilla Firefox
10.  Di start menu, ketik services.msc, lalu tekan Enter. Maka tampil jendela service



11.      Klik DapodikdasDB, klik tombol STOP
12.      Klik DapodikdasWebSrv, klik tombol STOP. Lalu tutup jendela service.
13.      Buka flashdisk yang sudah ada kopian folder dapodikdas atau Folder Database dan Folder dataweb  dari komputer Sebelumnya, Klik kanan pilih Copy
14.   (Di kompter baru) Buka C:\Program files. Klik Paste. Ada pertanyaan Replace (timpa), klik Yes to All, jika tidak muncul pertanyaan Replace (timpa), dan tidak ada peringatan Yes to all, dan tampilan seperti gambar berikut:

Maka Klik Yes, jika muncul lagi seperti gambar berikut:

 Maka Langkah 1 adalah Centang kotak kecil yang ada pada sudut kiri bawah, kemudian langkah 2 adalah klik Copy dan raplace. Dan jika muncul lagi gambar seperti berikut:


Maka Langkah 1 adalah Centang kotak kecil yang ada pada sudut kiri bawah, kemudian langkah 2 adalah klik Yes.

Setelah proses paste pada point 14 diatas selesai maka langkag selanjutnya adalah

15. Di start menu, ketik services.msc, lalu tekan Enter. Maka tampil jendela service
16. Klik DapodikdasDB, klik tombol START
17. Klik DapodikdasWebSrv, klik tombol START. Lalu tutup jendela service.
18. Restart computer. Coba login. Bagaimana hasilnya??? Selamat bekerja !!!

Anda bisa lakukan berulang-ulang copy paste folder dapodikdas dari laptop anda ke komputer lain atau sebaliknya, dengan langkah-langkah point 1 s.d 18.

Tips di atas berlaku :

1.      Bagi sekolah yang siswanya sedikit, bisa ditangani Admin dapodik satu orang.
2.      Bagi Admin dapodikdas 2013, yang di kantor ingin kerja di komputer kantor, sambil begadang / lembur ingin kerja di rumah menggunakan laptop pribadi.
Kalau memang operatornya cuma satu orang dan diizinkan Kepala Sekolah diinstal dan diedit di laptop pribadi operator, LEBIH BAIK CUKUP DIINSTAL dan DIEDIT DI SATU LAPTOP OPERATOR TERSEBUT.  Selain Admin atau tanpa izin Kepala sekolah jangan coba-coba ya !
3.      Saat sinkronisasi ke server dapodikdas pusat, pastikan data semuanya sudah valid

Tips ini bermanfaat untuk membackup data dapodik 2013, jangan sampai ada yang berpendapat bahkan PUTUS ASA data hilang karena hardis diformat dan beribu alasan. ANDA TIDAK PERLU NGETIK LAGI DARI NOL ! Setiap selesai bekerja lebih baik Copy-kan folder DAPODIKDAS di folder C:\Program files ke flashdisk atau partisi lainnya.

HATI-HATI VIRUS
File atau folder backup-an tadi bisa saja terkena virus. Inilah tips penulis dalam mengatasi virus :
1.      Pastikan anti virus di komputer sekolah dan laptop sama dan selalu diupdate. Penulis menggunakan Smadav 9.3 dan AVG 2013.
2.      Compress (padatkan) setiap aplikasi dalam bentuk zip. Untuk sementara virus tidak bisa menginfeksi file zip.
Sebagai contoh folder dapodikdas yang telah di-copy-kan di hardis partisi D, oleh penulis di klik kanan, pilihAdd to Dapodikdas zip. File Dapodik.zip (hasil kompres) inilah yang dicopykan ke flashdisk. 


3.      Untuk mengekstrak file dapodik zip, klik kanan dapodik zip, pilih Extract file… pilih drive C, folder Program files, lalu klik OK.


Untuk sekolah besar yang siswa, PTK atau data yang dimasukan super besar, buanyaak, bisa dilakukan dalam jaringan oleh beberapa orang, anda bisa set komputer seperti gambar dibawah ini


Sumber Gambar Jaringan: fb Sujarwadi Jadi.

Demikianlah Tips dari saya. Mudah-mudahan tips ini juga bermanfaat bagi seluruh pembaca.


Bagi pembaca yang suka, tidak suka, yang mau kasih saran kritik silahkan kasih komentar.

facebook : Didin Misbahudin




7 komentar:

Mujib Abdul mengatakan...

Assalamualaikum
Sy sdh coba praktekkan "Tips Amankan Data Dapodikdas 2013" ini utk membackup database dan dataweb dapodik 2013 disimpan di partisi D:/ pada komputer/laptop yg sama. Setelah sy uninstall aplikasi lama dan install ulang aplikasi baru pada komputer/laptop yg sama sesuai petunjuk, ternyata BERHASIL.
Namun sy coba pada komputer/laptop lain di tempat yg berbeda terjadi Galat atau tidak muncul sama sekali tampilan atau data tidak ditemukan dan pada Aplikasi dapodik 2013 di browsing web pada komputer/laptop baru, muncul tampilan isian "Periode : Ganjil / Nan" yg seharusnya "Periode : Ganjil / 2013-2014". Padahal langkah2-nya sdh sesuai dg petunjuk. Mengapa terjadi demikian? Kami mohon solusi atau petunjuknya. Terima kasih atas bantuannya.

Ramdan Abu Naila mengatakan...

Mantap Pak Numpang CP Y?

Ramdan Abu Naila mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
ahdin faiz mengatakan...

Bravo, dan terimakasih ilmunya

ahdin faiz mengatakan...

@ pa mujid abdul, dicoba dengan menekan F5 pa pada saat mau login/memasukan username dan password itupun harus sudah diinstal patch nya

Imam Zamri mengatakan...

registrasinya harus online mas? yg laptop ke2 itu?

Fuad Irsyad mengatakan...

Mas, saya mohon bantuan untuk setting jaringan local dapodik, belum bisa nyambung karena komputer server terdapat antivirus AVG 2014,
sudah dicoba di komputer/laptop server yang tidak ada AVGnya, bisa.
terima kasih
email : irsyad_f19@yahoo.co.id